SOSIALISASI PEMUNGUTAN RETRIBUSI KAWASAN GUNUNG GENTHONG

Kidang_kencono 23 Februari 2019 13:21:16 WIB

Ngalang_Sidamekta.Gunung Gentong atau populer dengan nama Puncak 4G terletak di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Sebutan 4G sendiri mengacu pada lokasi kawasan wisata menarik ini (Gunung Gentong, Gedangsari, Gunungkidul). Kebanyak wisatawan menyebutnya sebagai wiasat Negri diatas awan.

4G itu adalah kawasan wisata gunung, terdiri dari: Gunung Gentong, Gunung Tunggak, Goa/Song Pringgoloyo atau Gunung Omben Gagak, Gunung Tumpang, Watu Belah dan lainnya. Dahulu kala 4G dipercaya merupakan tempat petilasan Prabu Brawijaya V. Daya tarik  yang ditawarkan memang dapat menjadi pelampiasan hasrat foto sebagaimana fenomena yang menjangkiti semua kalangan masyarakat. Seperti misalnya, sunrise, wisata kabut, sunset, serta camping ground. Dilengkapi pula dengan spot foto menarik buatan Pokdarwis yaitu tol buntung omben gagak dan gasebo gardu pandang.

Untuk pengembangan wisata ini Pokdarwis atau pengelola 4G menyediakan kotak sukarela atau biaya parker. Selain dari hasil parkir juga di support oleh Dinas Pariwisata yang akhirnya samapai saat ini 4G sudah menjadi wisata yang tak kalah dari tempat wisata lain yang ada di Gunungkidul.

Diawal tahun 2019 ini pemerintah kabupaten Gunungkidul membuat Perbup yang berdasarkan Perda untuk menarik Retribusi wisata Kawasan Gunung Genthong yang dari hasil retribusi tersebut Desa Ngalang mendapatkan 30% dari hasil keseluruhan.

Jumat, 22 Februari 2019 Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengadakan Sosialisasi dan koordinasi Pemungutan Retribusi Kawasan Gunung Genthong yang dihadiri oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul,Muspika Kecamatan Gedangsari, Perangkat Desa Ngalang,Pengelola Gunung Genthong,Karangtaruna Desa Ngalang,BUmdes dan juga perwakilan warga masyarakat Dusun manggung.

Komentar atas SOSIALISASI PEMUNGUTAN RETRIBUSI KAWASAN GUNUNG GENTHONG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Ngalang

tampilkan dalam peta lebih besar